makanan esensial

5 Makanan Sumber Asam Amino Esensial

5 Makanan Sumber Asam Amino Esensial – Tubuh harus selalu memperoleh asupan untuk mengubahnya menjadi energi yang digunakan saat beraktivitas. Salah satu nutrisi yang penting untuk tubuh yaitu protein. Kandungan tersebut memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan otot agar tetap bertenaga.

Protein juga berguna untuk tubuh karena memiliki kandungan asam amino esensial ketika diuraikan. Tubuh tiap orang memerlukan amino esensial untuk bertahan hidup. Kalian dapat memastikan asupan nutrisi tersebut melalui makanan. Berikut merupakan jenis makanan yang menjadi sumber asam amino esensial!

makanan esensial

Sumber Makanan Asam Amino Esensial

Protein yang dikonsumsi melalui makanan mengandung asam amino esensial yang sangat diperlukan oleh tubuh. Nutrisi tersebut merupakan bagian terkecil dari struktur protein. Asam amino esensial menjadi zat yang diserap oleh tubuh setelah dipecah dari protein dan fungsinya vital terhadap tubuh.

Tubuh memerlukan 20 kandungan asam amino. Sebanyak 9 kandungan asam amino esensial diperoleh dari makanan untuk menjaga kesehatan dan fungsi tubuhnya. Sedangkan, 11 asam amino lainnya diproduksi oleh tubuh sehingga tidak perlu diperoleh melalui makanan.

Asam amino bermanfaat untuk membangun otot, yang menyebabkan reaksi kimia pada tubuh, mencegah penyakit, serta menjalankan fungsi lainnya. Kekurangan asam amino esensial akan mengakibatkan penurunan kekebalan, masalah pencernaan, depresi, pertumbuhan yang lambat pada anak-anak, serta gangguan kesehatan lainnya.

Untuk itu, kalian harus mencukupi nutrisi tersebut melalui makanan. Berikut ini makanan yang dapat dikonsumsi untuk mencukupi asupan asam amino esensial, antara lain:

  1. Telur
    Salah satu makanan yang kaya kandungan asam amino esensial yaitu telur. Makanan ini memiliki kandungan protein dalam jumlah besar, sehingga baik untuk pertumbuhan otot. Maka dari itu, kalian disarankan untuk mengonsumsi telur untuk mencukupi nutrisi protein di dalam tubuh.
  2. Daging Tanpa Lemak
    Makanan lainnya untuk mencukupi asupan asam amino esensial pada tubuh yakni daging tanpa lemak. Makanan ini memastikan kalian memperoleh protein yang tinggi serta semua kandungan asam amino esensial tanpa memikirkan asupan dari makanan lain. Daging tanpa lemak dan memiliki banyak kandungan tersebut terdapat dalam daging unggas.
  3. Ikan
    Sumber asam amino esensial yang juga baik untuk kesehatan jantung yaitu semua jenis ikan. Tidak hanya itu, pada ikan salmon, terdapat tambahan kandungan, seperti asam lemak dan Omega 3. Ikan tergolong kedalam jenis makanan yang mudah untuk diolah dan rasanya yang sedap serta menyehatkan.
  4. Susu
    Susu dan produk turunannya dapat memenuhi semua nutrisi asam amino esensial pada tubuh. Tidak hanya itu, minuman tersebut memiliki kandungan protein yang tinggi, serta kaya vitamin dan kalsium. Protein yang diperoleh baik untuk otot dan kalsium baik untuk tulang, sehingga kalian memperoleh dua manfaat dalam satu minuman.
  5. Biji-Bijian
    Makanan nabati lainnya yang mencukupi asupan protein dalam tubuh yaitu biji-bijian. Makanan tersebut memiliki banyak kandungan protein serta mengandung seluruh asam amino esensial. Tidak hanya itu, kalian juga memperoleh asupan serat, magnesium, vitamin B, zat besi, kalium, kalsium, dan lainnya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *