makanan penurun berat badan

7 Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

7 Makanan untuk Menurunkan Berat Badan – Makanan memegang fungsi yang penting dalam upaya menurunkan berat badan. Tidak hanya mengatur porsinya, Kalian juga harus mampu memilih jenis makanan yang tepat untuk membantu menurunkan berat badan. Pada prinsipnya, makanan yang baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan yaitu makanan yang dapat membuat kenyang lebih lama, mengurangi hasrat untuk makan, serta membantu pembakaran lemak tubuh.

makanan penurun berat badan

Makanan Penurun Berat Badan

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini ragam makanan untuk menurunkan berat badan, antara lain :

1. Telur
Berdasarkan Health Line, telur menjadi salah satu makanan yang terbaik untuk dikonsumsi jika menginginkan turun berat badan. Telur terbukti memiliki kandungan tinggi protein, lemak sehat, serta dapat membuat kenyang lebih lama dengan jumlah kalori yang rendah. Dari penelitian pada 30 wanita yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa makan telur untuk sarapan dapat meningkatkan perasaan kenyang lebih lama serta memacu keinginan untuk makan lebih sedikit selama 36 jam berikutnya.

2. Sayuran hijau
Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, serta beberapa lainnya termasuk makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan. Sayuran hijau memiliki beberapa sifat yang membuatnya sempurna untuk melakukan penurunan berat badan, seperti rendah kalori dan karbohidrat. Sayuran hijau juga memiliki kandungan serat tinggi sehingga mampu membantu kenyang lebih lama.

Mengonsumsi sayuran hijau menjadi cara yang bagus untuk menambah porsi makan, tanpa harus takut menjadi gemuk. Sayuran hijau juga sangat bergizi karena memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral, termasuk kalsium yang sudah terbukti dapat membantu pembakaran lemak dalam beberapa penelitian. Tidak hanya itu, sayuran hijau bahkan memiliki sifat antioksidan yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan radikal bebas penyebab kanker.

3. Kentang
Kentang tampaknya tidak disukai karena alasan tertentu. Akan tetapi, kentang kenyataannya memiliki beberapa sifat yang menjadikannya makanan yang sempurna, baik untuk menurunkan berat badan dan juga kesehatan secara optimal. Kentang memiliki kandungan berbagai nutrisi yang sangat bervariasi. Makanan ini memiliki kandungan kalium yang tinggi serta memiliki fungsi penting dalam mengontrol tekanan darah.

4. Kacang-kacangan
Terdapat beberapa jenis kacang-kacangan yang memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Ini termasuk lentil, kacang hitam, kacang merah, kacang tanah dan beberapa jenis lainnya. Kacang-kacangan memiliki kandungan protein dan serat tinggi, dua nutrisi yang sudah terbukti dapat menyebabkan rasa kenyang. Kacang-kacangan juga cenderung mengandung beberapa pati resisten.

5. Sup
Sejumlah penelitian menunjukkan fakta bahwa sup menjadi makanan rendah kalori yang mampu membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Hal ini disebabkan karena sup memiliki kandungan banyak air dan sayuran yang kaya akan serat. Selain itu, menambahkan sup ke dalam menu makan mampu membantu mengendalikan berat badan.

Akan tetapi, bukan berarti kalian dapat menambahkan banyak lemak seperti santan, krim, atau minyak. Sup yang memiliki kandungan banyak lemak otomatis memiliki kandungan kalori yang berlebih. Alih-alih menurunkan berat badan, sup tersebut malah bisa meningkatkan berat badan.

6. Keju dan yogurt
Produk susu cenderung memiliki kandungan protein tinggi. Salah satu yang terbaik yaitu keju cottage, yang mengandung protein tinggi serta minim karbohidrat dan lemak. Dengan begitu, makan keju cottage menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan asupan protein.

Keju juga sangat mengenyangkan dan dapat membuat kalian merasa kenyang tanpa harus takut menjadi gemuk. Produk-produk susu juga tinggi kalsium, yang mampu membantu pembakaran lemak di tubuh. Produk susu rendah lemak dan protein tinggi lainnya termasuk greek yogurt dan juga skyr.

7. Alpukat
Alpukat merupakan buah yang unik. Sementara sebagian besar buah lain kaya akan karbohidrat, sedangkan alpukat padat dengan lemak sehat. Alpukat memiliki kandungan asam oleat tak jenuh tunggal sangat tinggi, jenis lemak yang sama yang ditemukan dalam minyak zaitun. Buah ini juga memiliki banyak kandungan air dan serat, sehingga membuatnya lebih padat energi. Buah ini juga mengandung banyak nutrisi penting, termasuk serat dan kalium.

8. Cabai
Makan cabai juga memiliki manfaat pada diet penurunan berat badan. Cabai memiliki kandungan capsaicin, zat yang sudah terbukti dapat meningkatkan pembakaran lemak dalam beberapa penelitian. Bahkan zat ini dijual dalam bentuk suplemen dan bahan umum dalam banyak suplemen penurun berat badan komersial.

Berdasarkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan 1 gram cabai merah mampu meningkatkan pembakaran lemak pada orang yang tidak rutin makan paprika. Akan tetapi, cabai bisa jadi tidak ada efek pembakaran lemak pada orang yang terbiasa makan makanan pedas. Hal itu dikarenakan ada efek toleransi zat capsaicin.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *